Peluang Besar Mensukseskan Bonus Demografi di Indonesia

Pada tahun 2020 sudah dapat dipastikan Jika Indonesia akan mengalami bonus demografi. Apa itu bonus demografi? Silahkan, baca pengertian bonus demografi (Bonus Demografi Menurut Beberapa Ahli).

Dalam mensukseskan bonus demogarfi tersebut, sebenarnya ada beberapa peluang yang dapat kita manfaatkan. Hal diakeranakan pada saat bonus demografi terjadi, Negara kita nantinya komposisi penududuk usia yang prouktif sangalah besar jika tidak dimanfaatkan dengan baik maka pengangguran juga semakin banyak, dimana pengangguran efeksifitas panjangnya akan berpengaruh pada kriminalitas sedangkan kriminalitas akan meningkat sejalan dengan kemiskinan.

Oleh karenanya  itulah berikut beberapa pembahasan yang barangkali bisa menjadi ulasan atau rekomendasi bagi kita tentang peluang memanfaatkan bonus demogarfi di Indonesia.

Memanfaatkan Sektor Pariwisata

Memanfaatkan Pariwisata bisa menjadi objek menarik bagi Indonesia untuk kesuksesan bonus demogarfi, hal itu dikarenakan Indonesia memailiki banyak keaneragaman, baik itu budaya, suku dan lain sebagainya. Yang sehingga memanfaatkan sektor pariwisata dapat dikembangkan sebagai upaya ikut serata mensukseskan bonus demogarfi.

Selain daripada itu beberapa daerah yang ada di Indonesia sekarang sudah bisa membuktikan, dimana ketika daerahnya berkembang penuh kemajuan karena pariwisata. Misalnya saja adalah di Provinsi Bali, Lombok dan yang sekarang sedang dibangkitkan pemerintah ada wilayah Indonesia timur yakni, Wisata Raja Ampat.

Cara termudah yang dapat dikenalkan oleh masyarakat awam tentang memanfaatkan sektor pariwisata untuk menukseskan bonus demografi adalah dengan ikut mempublis melalui media sosial seperti twitter, facebook (Baca: Lima Langkah Membersihkan Akun FB), blog, instagram, Path dan lain sebagainya. Sedangkan cara yang maksimal dapat dilakukan masyarakat adalah dengan menjaga kebersihan, menjaga kemanaan, kenyamanan dalam menerima banyak pengunjung wisatawan yang mau berkuncung di daerah masing-masing.

Memaksimalakan Sumber Daya Kelautan.

Menurut Abdul Mun’im (2013) Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia diikat dan dipersatukan oleh lautan memiliki segudang kekayaan alam. Jika ditinjau dari letaknya Indonesia juga sangat stretegis baik pencaturan sosial, politik, ekonomi, kebudayaan dan pertahanan kelautan. Bahkan kenyataan ini sangat pantas jika menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia dengan perairan yurisdiksi sekitar 5,8 juta KM dan garis pantai pantai 18.700 ribu hektar.

Melihat data otentik tersebut tentunya kita sebearanya dapat memanfaatkan Sumber Daya Kelauatan dalam mensukseskan bonus demogarfi. Hal ini bisa diberlakukan dengan berupaya menginisasi pemanfaatan kekayaan laut sebagaimana hal ini dilakukan pada era Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit.

Selanjutnya dari pembahasan singkat tentang mensukseskan bonus demogrrafi di Indonesia melalui pariwisata dan maritim kita dapat meningkatkan partispasi kerja dalam masyarakat, menginggat partisipasi kerja sangat dibutuhkan dan sejalan dengan itu maka tersedianya lapangan kerja yang berkualitas sangat diperlukan.

Mari sukseskan bonus demografi di Indonesia dengan memanfaatkan Maritim dan Pariwisata sebagai benteng pertahanan. Indonesia bisa, Bonus demografi yakin Jaya

Source: Peluang Besar Mensukseskan Bonus Demografi di Indonesia – seputar pembahasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s